Tuesday, June 7, 2011

Tanah Juga Go Green (sebab dan solusi)

Akhir – akhir ini sering sekali kita mendengar kabar ataupun berita di media cetak, televisi, maupun radio yang membahas tentang banjir dan gagal panen yang terjadi di kota – kota besar maupun di pedesaan yang dilanda gagal panen. Mengapa bisa terjadi banjir? ,Mungkin anda sudah mengetahui faktor utama terjadi banjir adalah sampah yang di buang ke sungai maupun ke kali dan got, sehingga air pun tidak mengalir karna tersumbat oleh sampah tersebut dan ketika turun hujan terjadilah luapan air yang besar dan akibatnya banjir pun merendamnya, lalu apa hubunganya sampah dengan gagal panen ? ,tentu ada hubunganya karena sampah bisa menimbulkaan polusi tanah yang mengakibatkan kualitas tanah berkurang. Untuk lebih jelas, pertama kita harus mengetahui defini polusi tanah.
Polusi tanah adalah suatu keadaan dimana terjadi penurunan kualitas tanah sampai pada tahap yang membahayakan makhluk hidup. Ketika suatu zat berbahaya/beracun telah mencemari permukaan tanah, maka ia dapat
menguap, tersapu air hujan dan atau masuk ke dalam tanah. Akibatnya banyak kerusakan pada tanah sepeti gambar di bawah ini,
Sumber : google.com/pencemaran tanah

Gambar di atas merupakan perbedaan tanh yang sudah tercemar bahan kimia dari samapah ataupun bahan pestisida dan pupuk, tanah yang berwarna coklat merupakan tanah yang sudah tercemar bahan kimia, dan yang hitam merupakan tanah yang masih sehat. Polusi tanah juga bisa membunuh makhluk biotanah seperti cacing padahal cacing sangat membantu penggemburan tanah, Akibat banyaknya sampah di tanah, porisitas tanah pun berubah dan akhirnya tumbuhan yang ada di dalam tanah sulit mendapatkan air, dan akibatnya tumbuhan itu mati, selain itu juga tumbuhan dapat terkena bahan kimia yang di hasilkan oleh sampah. Jika tanah kita rusak bagaimana untuk mendapatkan satu pohon yang sehat dan baik.
Perlu anda ketahui Indonesia adalah Negara urutan ke-5 penghasil sampah terbanyak, bahkan setiap daerah di Indonesia menghasilkan sampah sedikitnya 1 ton sampah yang di buang sembarangan, bagaimana jika seluruh daerah di Indonesia di kumpulkandan kemudian di satu kan, tentu sangat tak terhingga.
Solusi mengenai masalah-masalah mengenai sampah tidak selalu menutut peran negara, tetapi kita sebagai warga negara dapat melakukan hal-hal yang kecil tapi punya mafaat yang besar dalam masalah sampah ini. Solusi yang kita bisa lakukan adalah seperti membuang sampah pada tempatnya dan memisahkan sampah organik dan non organik, dan tidak membuang sampah di sungai, dari pada membuang sampah seperti gambar di bawah ini,
Sumber : google.com

Lebih baik kita menanamkan sifat peduli kita sejak dini kepada adik-adik kita maupun kepada orang di sekitar kita, agar tercipta dunia yang baik pada masa depan, dan jika tanahnya terawat tentunya semakin banyak bibit tanaman yang akan tercipta, dan menjadikan dunia ini hijau karna pohon yang baik dan kualitas tanah yang baik.
Maka dari itu mulai hari ini, esok, dan seterusnya kita wajib menaruh satu tempat sampah di depan rumah kita demi menyelamakan satu bumi. Agar teriptanya dunia yang bersih, nyaman, sejuk dan indah.
Satu rumah, satu tempat sampah, demi satu bumi. Lets go green ..

No comments:

Post a Comment

Post a Comment